KULIAH TAMU PROGRAM STUDI ADMINISTRASI PUBLIK FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

KULIAH TAMU PROGRAM STUDI ADMINISTRASI PUBLIK FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

Pendahuluan

Kuliah Tamu

Kuliah tamu merupakan kegiatan perkuliahan/ceramah yang menghadirkan praktisi dari industri/instansi serta para pakar dari kalangan perguruan tinggi untuk memberikan wawasan kepada para mahasiswa dan juga dosen dari berbagai program studi. Kuliah Tamu diselenggarakan dalam bentuk ceramah dan merupakan bagian dari proses pembelajaran yang berkaitan dengan bidang ilmu atau bidang konsentrasi sebuah program studi.

Untuk menunjang peningkatan kemampuan mahasiswa, dipandang perlu untuk memutakhirkan pengetahuan mereka. Salah satu cara pemutakhiran pengetahuan ini adalah dengan melaksanakan “Kuliah Tamu” yang tema/topiknya terkait dengan satu atau beberapa mata kuliah yang diajarkan. Untuk memastikan kemanfaatan kegiatan ini diperlukan nara sumber Dosen tamu yang diakui kepakarannya. Nara sumber ini dapat berasal dari kalangan ilmuwan di lingkungan Perguruan Tinggi ataupun para manajer, pengusaha, dari kalangan industri dan perusahaan yang terkenal. Di sini mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, (FISIP) Universitas Wijaya Putra memperoleh kesempatan untuk membuka wawasan serta meningkatkan pengetahuan dan kompetensinya.

Kuliah Tamu menjadi bagian dari penilaian akreditasi pada standart 5 (lima) tentang Kurikulum, Pembelajaran dan suasana akademik. Lebih khusus lagi pada instrumen penilaian dalam rangka menciptakan suasana akademik. Sehingga sudah sangat tepat kalau FISIP mengadakan Kuliah Tamu tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan kompetensinya dan mahasiswa sekaligus dalam upaya mempertahankan penilaian akreditasi yang sangat bagus (A).

 

Tujuan Dan Manfaat
Tujuan Kuliah Tamu (guest lecturer) dimaksudkan untuk meningkatkan wawasan mahasiswa dalam bidang/peminatan tertentu yang tercantum dalam kurikulum sekaligus memberikan penyegaran proses pembelajaran program studi dan dapat mempersiapkan diri dalam mengisi kebutuhan dunia industri. Oleh karena itu, pada pelaksanaan Kuliah Tamu, topik yang dibahas diupayakan yang memiliki potensi menambah wawasan (perluasan) dan kompetensi (penajaman) peserta pada bidang tertentu. Selain itu, pelaksanaan Kuliah Tamu dipandang sebagai suatu kesempatan bagi mahasiswa yang mengikutinya untuk memenuhi persyaratan akademis yang wajib dipenuhi mahasiswa sebelum mereka diizinkan untuk menyusun Tugas Akhir. Demikian pula Kuliah Tamu merupakan suatu indikator yang harus dipenuhi dalam evaluasi Borang Akreditasi.

Tujuan khusus Kuliah Tamu ialah:

  1. Mengoptimalkan proses belajar-mengajar
  2. Memberikan penyegaran wawasan mahasiswa dengan mendatangkan dosen tamu dari Perguruan Tinggi lain.
  3. Meningkatkan wawasan dan kompetensi mahasiswa dalam bidang mata kuliah tertentu.

Khalayak Sasaran

Peserta Kuliah Tamu wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa Konsetrasi Kebijakan Publik khususnya pada mata kuliah Analisis Kebijakan Publik dan Evaluasi kebijakan Publik yang sesuai dengan topik Kuliah Tamu dan dosen pembina mata kuliah. Kuliah Tamu dapat juga diikuti mahasiswa dengan konsentrasi lain prodi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Poltik, Universitas Wijaya Putra.

 

Pertimbangan Pemilihan Pembicara

Pada Kuliah Tamu kali ini mengundang dari perguruan tinggi yaitu Prof. Dr. Mas Roro Lilik Ekowati yang berasal dari Universitas Hang Tuah (UHT) Surabaya. Beliau adalah ahli di bidang administrasi Publik Khususnya Kebijakan Publik yang saat ini menjabat sebagai  Dekan FISIP di Universitas Hang Tuah (UHT) Surabaya.

 

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan nilai tambah kepada mahasiswa, terutama untuk:

  1. Memperoleh wawasan keilmuan dan mampu membandingkan antara teori dan keterampilan yang diperoleh dalam proses perkuliahan dengan fakta di lapangan yang mungkin kelak akan mereka alami.
  2. Meningkatkan motivasi mahasiswa agar lebih giat dalam menekuni bidang yang diinginkan setelah mendapatkan informasi dari narasumber/praktisi mengenai penerapan wawasan keilmuan sesuai dengan MK atau konsentrasi.